Kuliah malam: USM Kedatangan Profesor Shigeru Hayakawa dari Jepang

Semarang – Melihat potensi kekayaan hasil pangan Indonesia yang mampu dikembangkan sebagai pangan fungsional, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar kuliah pakar yang bertajuk “The Development of New Functional Sweetner, D-Allulose with Health Benefits” di Gedung Fakultas Kedokteran lantai enam baru-baru ini (Kamis, 25/10).

Kegiatan yang diikuti oleh 260 mahasiswa USM ini mengundang Guest Lecture dari Jepang Prof Shigeru Hayakawa (Emiretus Professor) dari Kagawa University.

“Kuliah pakar ini diadakan selain untuk mendukung mata kuliah pangan fungsional juga sebagai upaya mengenalkan pengambangan pangan fungsional yang semakin maju di luar sana” jelas Dekan FTP USM Ir. Haslina, M.Si.

“Kedepannya kita upayakan setiap mata kuliah diadakan kuliah pakar dengan mengundang pakar dari luar negeri.” tambahnya.

Sementara Shigeru menjelaskan dalam materinya mengenai tentang diet makanan nutrisi mereka seperti energi, vitamin, mineral dll. Mereka adalah makanan alami atau diformulasikan yang meningkatkan kinerja fisiologis atau mencegah penyakit. Makanan fungsional telah muncul ketika keterbatasan obat-obatan modern telah dirasakan dan minat konsumen dalam diet dan kesehatan pada semua waktu tinggi.

“Diharapkan mahasiswa FTP agar lebih bisa kreatif dan inovatif dalam mempelajari pangan fungsional, tujuannya bisa memotivasi dan memberikan inspirasi untuk melakukan penelitian” ujar Ir. Haslina, M.Si.