Kuliah malam: Universitas Semarang jalin kerjasama dengan National Dong Hwa University

Taiwan – Universitas Semarang (USM) kembali mengembangkan sayap kerjasamanya di  kancah Internasional. USM mengadakan kunjungan kerja dan penandatanganan MoU dengan National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan dalam rangka menjalankan program pemerintah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk internasionalisasi perguruan tinggi, pada tanggal 1 November 2018.

Dalam kerjasama ini kedua belah pihak bersepakat untuk bersama-sama menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu Universitas Semarang juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi  asing dari Eropa, Amerika, Korea, China, Taiwan, Thailand, dan Malaysia. USM juga telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan Kementerian Luar Negeri yang dalam hal ini bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru terkait penanganan Warga Negara Indonesia  Bermasalah (WNI-B) yang berada dalam naungan KJRI Johor Bahru, Malaysia.

Tujuan khusus dilaksanakannya kunjungan dan kerjasama dengan NDHU Taiwan yang dipimpin oleh Andy Kridasusila, S.E., M.M. selaku Rektor USM adalah untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa dalam bidang budaya dan bahasa yang berkonsep Summer Program. Pada kegiatan tersebut para mahasiswa akan mempelajari budaya dan bahasa dari Indonesia dan Taiwan. Selain hal itu, rencana pelaksanaan joint degree pada Program Studi Magister Manajemen juga didiskusikan dalam kerjasama ini.

Terkait kerjasama yang telah dimiliki USM dengan institusi di luar negeri, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Dra. Hardani Widhiastuti, M.M., psikolog menuturkan bahwa ke depan, USM akan meninjau kembali beberapa kerjasama tersebut untuk diperbaharui dan ditingkatkan pengimplementasiannya dengan membawa Misi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk dapat dimanfaatkan tidak hanya di ranah Asia tapi juga Eropa, Australia, Afrika, dan Amerika. Hal ini dilakukan mengingat keberlanjutan program kerja sama tersebut memiliki dampak pengembangan ilmu bagi para dosen dan mahasiswa USM dan tentu saja bagi lembaga USM mendapat kebermanfaatan untuk dapat berkiprah di bidang teknologi dan keilmuan yang terus berkembang.

USM akan memfokuskan peningkatan kegiatan dalam hal akademik dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan kerjasama internasional yang telah dijalin agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat global.