30 Tahun  Mencerdaskan Anak  Bangsa

Mencerdaskan anak bangsa dari golongan orang yang mampu dan memiliki intelektual tinggi adalah hal yang biasa. Mencerdaskan anak bangsa dari golongan menengah kebawah dengan biaya murah tapi bukan murahan dengan  fasilitas sarana dan prasarana  yang memadai adalah hal yang luar biasa.

Inilah yang dilakukan Universitas Semarang (USM) dibawah  naungan Yayasan Alumni Undip selama 30 tahun mengabdi mencerdaskan anak bangsa. Sejak USM berdiri 23 Juni 1987 saat itu bernama Polteknik Semarang, USM melalui kebersamaan berkomitmen untuk terus memajukan bangsa melalui pendidikan.

“USM  menyelenggarakan pendidikan yang  terjangkau, murah, tetapi bukan murahan namun berkualitas sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat  luas dan saat ini  jumlah mahasiswa USM adalah yang terbesar diantara PTS yang ada di Semarang” ungkap  pendiri yang juga Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja.

Sampai saat ini USM telah menghasilkan lulusan dan mewisuda sebanyak 7.095 orang pada program Diploma III, sedangkan pada program S-1 sebanyak 18.942 orang dan S-2 sebanyak 1.302 orang. Dengan demikian USM telah  menghasilkan lulusan dan mewisuda sebanyak 27.339 orang. Lulusan tersebut merupakan aset nasional yang diharapkan  mampu meneruskan pembangunan karena para lulusan telah dibekali ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan.

Di usia yang Ke-30 ini USM menggelar berbagai kegiatan baik ilmiah, olahraga, seni, sosial dan lain-lain sebagai wujud rasa syukur atas rahmat Allah SWT yang telah diberikan kepada keluarga besar Yayasan Alumni  Undip dan USM.

Berbagai fasilitas disediakan oleh Yayasan Alumni Undip baik fasilitas intrakurikuler maupun ekstrakurikuler guna menunjang prestasi dan  peningkatan kualitas.

Ruang kuliah yang nyaman, Laboratorium, Perpustakaan yang lengkap, Auditorium, radio komersial kampus yang bersih, fasilitas olahraga badminton yang telah mendapatkan pengakuan International, serta fasilitas olahraga lainnya.

Semuanya fasilitas yang tersedia membanggakan seluruh civitas akademika  baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa sehingga mengantarkan mahasiswa USM menorehkan berbagai prestasi baik tingkat nasional maupun internasional, antara lain juara taekwondo, bulu tangkis, Sepak bola, tenis meja, karate, Pencak Silat, serta senam.

Adapun prestasi  dibidang akademik diantaranya juara lomba karya tulis Ilmiah, juara debat, dan juara lomba cerdas cermat dan lain-lain.

Melalui kebersamaan pada Dies Natalis Ke-30/Lustrum VI dijadikan instropeksi diri untuk memperbaiki kekurangan yang ada menuju USM JAYA.(sf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *