KOMPETENSI LULUSAN

Secara umum pendidikan di Universitas Semarang (USM) bertujuan menghasilkan ahli madya & sarjana yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Tenaga Profesi dan Sarjana
  2. Memiliki potensi pengembangan kepemimpinan dan penumbuhan etika profesional;
  3. Memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
  4. Mampu menghadapi situasi-situasi yang baru dalam profesinya sebagai ahli madya & sarjana yang berdasarkan prinsip-prinsip fundamental secara mandiri, disertai rasa percaya diri dengan pertimbangan yang mantap;
  5. Mampu memotivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara intelektual, sosial, dan kultural; serta mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam teknik dan pemikiran analitis yang tertib sewaktu merumuskan masalah.

 

  • S1 HUKUM
  1. Mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan praktis dibidang hukum, khusus hukum korporasi (corporate law) dan mampu menerapkan dan mengembangkannya dalam kehidupan sosial.
  2. Mampu berfikir kritis dan analitis terhadap perkembangan aspek-aspek hukum korporasi (corporate law).
  3. Memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap masalah-masalah hukum dan keadilan serta mampu memecahkannya melalui mekanisme legitasi dan non legitasi

 

  • DIII MANAJEMEN INDUSTRI

Menghasilkan tenaga Profesi yang mampu menyelesaikan tugas-tugas operasional perusahaan dengan penguasaan keahlian dibidang pemasaran dan keuangan pada khususnya, serta didukung oleh ketrampilan lainnya sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang dinamis

 

  • S1 MANAJEMEN
  1. KOMPETENSI BIDANG PEMASARAN.
    Menguasai konsep-konsep dasar serta melakukan analisis dalam bidang pemasaran sebagai suatu sistem dari perekonomian, selain itu menguasai berbagai aspek pemasaran yang mencakup : perencanaan, pelaksanaan, dan pengendaliannya
  2. KOMPETENSI BIDANG KEUANGAN
    Menguasai konsep dan model dalam manajemen keuangan serta memberikan kemampuan dan ketrampilan menganalisis kondisi dan prestasi yang dicapai organisasi pada saat ini.
  3. KOMPETENSI BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA
    Menguasai secara konseptual peranan sumber daya manusia dalam organisasi/pengadaan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan, serta kompetensi dan penilaian prestasi

 

  • S1 AKUNTANSI

Bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang memenuhi persyaratan keahlian sebagai sarjana akuntansi yang profesional sebagaimana tercantum dalam UU. No. 34 tahun 1954, dan mempunyai dasar pengetahuan ekonomi yang mampu menduduki jabatan, baik sebagai akuntan publik, akuntan pendidikan maupun jabatan lainnya, yang memerlukan latar belakang pengetahuan seorang akuntan

 

  • S1 PSIKOLOGI
  1. Memahami pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan secara objektif, sehingga dapat menafsirkan tingkah laku manusia baik perorangan maupun kelompok menurut kaidah psikologi
  2. Melaksanakan dasar-dasar penelitian psikologi
  3. Memilih dan mempergunakan dengan tepat alat pemeriksaan psikologi dan menganalisa serta menafsirkan hasilnya untuk memberi pelayanan psikologi secara profesional secara individu maupun kelompok.
  4. Memiliki kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai, proses, dan masalah sosial, budaya, agama, politik dan ekonomi yang berpengaruh pada tingkah laku manusia, sehingga dapat menafsirkan tingkah laku dalam kaitannya dengan kondisi Indonesia.
  5. Mengenal, menghayati, dan mengamalkan kode etik psikologi yang meliputi kode etik keilmuan, penelitian, dan profesi
  6. Menyusun laporan penelitian dan pemeriksaan psikologi secara ilmiah dan profesional.

 

  • S1 TEKNIK ELEKTRO
  1. Mampu merancang, menganalisis, mengoperasikan dan memelihara sistem tenaga listrik.
  2. Mampu Menguasai asas pembangkitan, penyaluran dan pemakaian energi listrik.
  3. Mampu merancang alat elektronika untuk pengendalian sistem
  4. Mampu merancang sistem otomatis.
  5. Mampu memanfaatkan teknologi komputer dan teknologi informasi

 

  • S1 TEKNIK SIPIL
  1. Mampu bekerja sama dalam suatu tim-kerja untuk melakukan perancangan sarana teknik sipil sesuai standar (code) yang berlaku, yang berwawasan lingkungan, meliputi:
    a. Bangunan gedung, bangunan industri dan jembatan.
    b. Bangunan pemanfaatan dan pengendalian air.
    c. Prasarana transportasi dan fasilitas penunjang.
    d. Bangunan struktur geoteknik.
    e. Sistem pengelolaan proyek
  2. Mampu untuk mengembangkan diri sendiri sebagai tenaga profesional Teknik Sipil
  3. Mampu untuk mengkomunikasikan hasil karya ilmiahnya baik secara lisan maupun tulisan dengan menjaga moral berdasarkan etika profesi.
  4. Mampu menyelesaikan studi kasus atau melakukan penelitian terapan dibidang Teknik Sipil.
  5. Memiliki bekal untuk berwirausaha dan atau melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi.

 

  • S1 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
  1. Menguasai dan mampu mengembangkan ilmu teknologi pangan dan hasil pertanian baik dari aspek kimia, mikrobiologi, rekayasa proses, gizi dan keamanan pangan.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bidang ilmu pangan dan hasil pertanian dalam kegiatan produktif dan pelayanan pada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tatanan kehidupan bernegara.
  3. Mampu bekerja dibidang pangan dan hasil pertanian serta mempunyai motivasi tinggi untuk mengembangkan industri pangan dan hasil pertanian.

 

  • S1 SISTEM INFORMASI
  1. Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer berikut perangkat lunak aplikasi sesuai disiplin ilmunya secara bertanggung jawab.
  2. Menguasai konsep dan rekayasa sistem informasi
  3. Menguasai konsep bahasa pemrograman.
  4. Menguasai dasar-dasar algoritma dan pemrograman.
  5. Menguasai manajemen proyek sistem informasi.

 

  • S1 INFORMATIKA
  1. Mampu melakukan rancang bangun dan rekayasa perangkat lunak pada umumnya dan rekayasa perangkat lunak untuk pengendalian perangkat keras pada khususnya sesuai disiplin ilmunya secara bertanggung jawab.
  2. Menguasai konsep bahasa pemrograman terutama SQL, Berorientasi Object dan Web.
  3. Menguasai konsep logika, algoritma dan pemrograman.
  4. Menguasai konsep teknologi informasi.
  5. Menguasai manajemen proyek perangkat lunak.
  6. Menguasai riset teknologi informasi.

 

  • S1 ILMU KOMUNIKASI
  1. Menghasilkan lulusan sarjana komunikasi yang mampu berfikir kritis, analitik, kreatif dan mampu memecahkan masalah di bidang komunikasi dengan berbagai dampaknya.
  2. Menguasai bidang-bidang komunikasi yang mencakup antara lain perencanaan komunikasi, proses komunikasi, serta analisa fenomena-fenomena komunikasi di berbagai bidang.
  3. Memahami konsep dan rekayasa terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi beserta dinamika fenomena komunikasi yang menjadi dampaknya.